Manajemen Harddisk Pada Server

A."Harddisk dengan tipe-tipe nya"

Mungkin sebagian besar manusia yang kurang paham mengenai IT bahwa hardisk adalah tempat install OS, install Aplikasi,  install game dan tempat menyimpan sebuah data. Hal ini telah disampaikan beberapa teman dan mencoba untuk survei ke beberapa tempat.

Tentu mereka semua tidak salah menjawab, tapi begitu orang IT ditanya maka jawaban yang timbul tidak hanya itu.

Nah kali ini pengertian dari hardisk menurut WIKI, kita liat ada berapa sih macam-macam hard disk.
  1. Parallel Advanced Technology Attachment (PATA)
  2. jenis drive juga dikenal sebagai Integrated Drive Electronics (IDE) dan Enhanced Integrated Drive Electronics (EIDE) drives. kabel berhubungan dengan jenis interface yang digunakan untuk menghubungkan hard disk ke papan CPU. Drive ini memanfaatkan baik 40 atau kabel kawat 80 dengan konektor 40-pin yang luas. 40 kabel kawat digunakan dalam hard disk yang lebih tua dan lebih lambat, sedangkan 80 kabel kawat yang digunakan dalam yang lebih cepat. Saat ini, jenis hard disk sedang digantikan oleh hard disk SATA. EIDE hard drive diperkenalkan setelah beberapa kemajuan dalam harddisk IDE, bagaimanapun, istilah IDE merujuk kepada kedua IDE dan disk drive EIDE
  3. Serial ATA (SATA)
  4. hard disk ini menggunakan konektor yang sama sekali berbeda daripada rekan-rekan mereka PATA. Selain itu, mereka juga menggunakan adaptor daya yang berbeda dari yang IDE, meskipun adapter mudah dicapai. Perbedaan utama antara SATA dan PATA hard disk adalah bahwa mantan yang tipis dan konon memiliki antarmuka data yang lebih cepat daripada yang terakhir. Namun demikian, kecepatan ini perbedaan tidak dibedakan dalam PATA dan SATA drive yang memiliki rating rpm yang sama. SATA drive lebih efisien, dan menggunakan daya kurang dari yang PATA.
  5. Small Computer System Interface (SCSI)
    hard disk ini mirip dengan IDE hard drive. Mereka juga berputar pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan IDE dan SATA yang. IDE dan SATA drive umumnya berputar di 7.200 rpm, sedangkan SCSI yang berputar pada 10.000 hingga 15.000 rpm. Hari ini, drive SATA yang menampilkan kecepatan 10.000 rpm juga diproduksi. Semakin tinggi rpm, lebih cepat adalah akses data, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat. SCSI hard disk memerlukan controller yang beroperasi antarmuka antara drive dan motherboard komputer.
  6. Solid State Drive (SSD)
    hard disk ini tidak seperti jenis lain, tidak terdiri dari komponen bergerak. hard drive terdiri dari disk magnetik berputar yang melakukan fungsi penyimpanan data, tetapi SSD menggunakan semikonduktor untuk tujuan ini. Karena tidak ada komponen yang bergerak, hard disk ini lebih cepat dan lebih kecil kemungkinannya untuk memecah dari drive lain. Namun, harga mereka sedikit lebih daripada hard disk lain.
B. Jenis-Jenis Partisi Sebuah Hard Disk adalah sebagai berikut:
 FAT
Digunakan pada OS Dos, Windows 3.11, dan Windows 95, tapi bisa digunakan juga pada Windows 98,
Windows NT, maupun OS/2. Beberapa karakteristik dari FAT adalah:

  1.     Jumlah Penamaan Karakter File yang didukung hanya 8 karakter
  2.     Hanya mendukung kapasitas Maximum 2 GB, Karena hanya dapat membaca 65.525 cluster
  3.     Beroperasi pada saat transfer data hanya 16 bit
  4.     Adanya otomatisasi penggandaan data yang digunakan untuk perlindungan dari penghapusan dan kerusakan data, karena ada fasilitas Undelete dan Unformat
  5. Kekurangannya: kecepatannya terpengaruh oleh banyaknya penumpukan data, jadi harus rutin melakukan penataan atau defrag.

 FAT 32
Penyempurnaan dari FAT, seperti:

  1.     Jumlah penamaan karater lebih panjang yaitu 256 karakter
  2.     Beroperasi pada saat transfer data menjadi 32 Bit
  3.     Kecepatan lebih tinggi
  4.     Daya tampung maximum sampai 2 terrabytes
  5.     Pertama digunakan oleh MS Windows 95 OSR2 (Oem Service Release), Windows 98, WindowsNT.

 NTFS (New Technology File System)
Karakteristiknya ialah sebagai berikut:

  1. Kapasitas Minimal 400 MB
  2. Dapat menghindari kerusakan file akibat pemakaian bersama-sama dalam satu jaringan (network) karena menggunakan stuktur MFT (Master File Table)
  3. Dapat mendeteksi bad sector secara otomatis, tetapi tidak dapat menempati lokasi bad sector tersebut.
Untuk Perbedaan FAT, FAT32, NTFS, EXT2, EXT3 dan EXT4 klik disini

Comments

Popular posts from this blog

Pendalaman K3LH

Perbedaan FAT, FAT32, NTFS, EXT2, EXT3 dan EXT4

Komputer dan Jaringan Dasar - Materi K3LH